ADSENSE

SOAL TKP P3K CPNS Bagian 2

Post a Comment

 TES KARAKTERISTIK PRIBADI PPPK DAN CPNS Bagian 2

1.  Atasan anda menugaskan anda membuat sebuah tim untuk menyelesaikan sebuah masalah pekerjaan di kantor anda, tetapi di kantor anda terdiri dari orang2 dari berbagai macam latar belakang suku yg berbeda dengan anda. Bagamana sikap anda...

a.   Membuat sebuah kelompok yg solid dari orang2 yg sepemahaman dengan saya krn kekompakan itu penting.

b.  Memilih orang2 dr berbagai latar belakang agar tidak ada kecemburuan sosial.

c.   Memilih orang2 dr berbagai latar belakang yg berbeda agar dapat memperoleh bermacam saran dan masukan.

d.  Membuka kesempatan bagi siapapun yg memiliki kemauan dan kemampuan bekerja tim.

e.   Membuka kesempatan bagi siapapun yg memiliki kemauan dan kemampuan bekerja tim tanpa membedakan latar belakang. 

Jawab : C. memilih karena kita ditugaskan untuk membuat, bukan membuka kesempatan kurang tepat

(Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain)

 


2.  Pada saat anda sedang mengerjakan sebuah pekerjaan penting tiba2 anda menemukan sebuah kejanggalan pada sistem informasi yg anda gunakan dan bisa berakibat bocornya data perusahaan ke publik. Bagaimana sikap anda...

a. Menyuruh semua rekan kerja untuk menghentikan penggunaan sistem itu.

b. Saat itu juga anda menghentikan penggunaan sistem itu.

c. Melaporkan kepada atasan apakah harus berhenti menggunakan sistem itu.

d. Menyelesaikan pekerjaan penting tersebut lebih dulu kemudian menghentikan penggunaan sistem itu.

e. Menyelesaikan pekerjaan penting tersebut lebih dulu kemudian melaporkan ke atasan tentang masalah pada sistem itu

 

jawab : C. Yang mengerjakan saat itu anda, dan posisinya sebagai bawahan, jadi wajib melaporkan dulu keatasan untuk langkah selanjutnya

(Profesionalisme & teknologi Informasi)

 

3.  Salah satu anggota tim anda melakukan kesalahan fatal dalam tugasnya karna kurangnya pemahaman  dia tentang teknologi informasi. Sebagai ketua tim apa yg anda lakukan....

a.  Mengumpulkan semua anggota tim dan membahasserta mencari jalan keluar dr permasalahan tim.

b. Mengundang ahli IT untuk memberikan pengetahuan kepada tim tentang cara penggunaan teknologi informasi.

c. Mengundang ahli IT untuk memberikan pengetahuan kepada tim tentang pentingnya teknologi informasi dan pelatihan cara penggunaan teknologi informasi.

d. Mengumpulkan anggota tim dan membahas permasalahan anggota tim yg bermasalah tsb.

e. Mengeluarkannya dr tim

 

Jawab : D. yang bermasalah satu orang, jadi harus didiskusikan bersama tentang masalah nya tersebut. Kalau opsi A tidak tepat sasaran bahasa nya

(Kemampuan Bekerja sama dalam kelompok)

 

4.  Anda  sedang  mengerjakan  tugas  di  perpustakaan  dan  1  jam  lagi  harus  selesai.  Tiba2  ada  teman  anda  yang menanyakan letak suatu buku. Anda tahu dimana letak buku tersebut. Apa yang anda lakukan?

a. menyuruhnya untuk bertanya ke petugas perpustakaan saja

b. menyampaikan kalau anda sedang sibuk

c. tetap di tempat duduk dan menjelaskan saja dimana letak buku tersebut

d. meninggalkan pekerjaan anda sebentar untuk mengantarnya menunjukan buku yang dimaksud, dan kembali melanjutkan pekerjaan anda

 

Jawab : C, fokus menyelesaikan tugas (Integritas)

 

5.  Menjelang jam istirahat kantor, anda dan rekan anda berjanji untuk makan siang di luar kantor. Akan tetapi bos anda memanggil dan minta tolong anda menangani klien prioritas yang akan datang di jam istirahat dan transaksi klien tersebut akan sangat berpengaruh pada penambahan modal perusahaan anda, apa yang akan anda lakukan?

a. Menolak permintaan bos dengan sopan karena jam istirahat adalah hak karyawan

b. Mengatakan pada bos bahwa anda sudah memiliki janji dan akan segera kembali untuk melayani klien

c. Meminta bantuan teman untuk menangani klien selama anda pergi dan akan segera membantu setelah anda kembali

d. Menerima permintaan bos untuk melayani klien dan membatalkan janji dengan teman e. Makan siang di kantor sambil mempersiapkan beberapa hal sambil menunggu klien

 

jawab : D. (Profesional dan pelayanan)

 

 

6.  Bos saya selalu mengagung-agungkan kinerja Andi karena selalu menggunakan teknologi yang ada di setiap kesempatan, apakah yang anda lakukan?

a. Diam saja dan mendengarkan bos

b. Ikut menggunakan teknologi juga sesuai dengan kemampuan yang saya bisa c. Mempelajari teknologi secara diam-diam

d. Setiap karyawan punya cara sendiri asalkan semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik

e. Bersama-sama dengan rekan kerja yang lain meminta bos untuk menghargai kinerja mereka juga

 

jawab : B. (kemampuan beradaptasi dan belajar berkelanjutan)

 

7.  Perusahaan anda mengalami penurunan financial tahun ini, apa yang anda lakukan?

a. Tetap bekerja dengan baik seperti tahun lalu

b. Membuat strategi baru untuk meningkatkan hasil kinerja kerja

c. Mempelajari     hal    mungkin    jadi    penyebab penurunan tersebut

d. Sebagai karyawan saya akan mengikuti arahan dan atasan

e. Tetap    mendukung   atasan,   penurunan   hanya terjadi di tahun ini

 

jawab : B. (semangat berprestasi)

 

8.  Anda meminta bantuan teman anda untuk mengerjakan sebuah proyek, namun di tengah proses kelihatannya teman anda kurang bersemangat mengerjakannya, apa yang anda lakukan?

a. Menanyakan  hal    yang    membuatnya    tidak bersemangat

b. Mengamati     dan       mencari       tahu       akar permasalahannya

c. Menyemangati teman untuk mengerjakannya

d. Mengobrol dan mengingatkan teman akan target pengerjaan seharusnya

e. Mencari  cara    agar    proyek    tersebut    dapat diselesaikan tepat waktu

 

Jawab E (berkerja mandiri dan tuntas)

 

9.  Anda adalah PNS melalui jalur CPNS resmi suatu instansi yang dikepalai kerabat Anda. Belakangan diketahui bahwa ternyata Anda tidak lulus dan orang tua menggunakan jalur belakang untuk meluluskan Anda. Padahal selama ini Anda selalu aktif memerangi KKN, sikap Anda?

a. Menyesali perbuatan dengan bersedekah membantu korban bencana dan aktif di organisasi kemanusiaan

b. Menasehati orang tua dan melaporkan pada pihak berwenang

c.  Mengakui kecurangan di depan semua orang,melapor ke pihak berwenang dan menunggu keputusan instansi

d.  Menyesali perbuatan, tetap tenang dan tidak gegabah karena sulit memecat PNS

e. Meminta maaf dan melapor ke pihak berwenang

 

Jawab D (pengendalian Diri)

 

10. Dalam perkembangan teknologi informasi di masa kini terutama dalam dunia kerja, ketika mengakses internet utamanya Anda adalah orang yang

a. senang menfollow akun-akun selebgram terkenal berikut berita terbarunya

b. menggunakan fasilitas internet sebagai sarana untuk menghasilkan uang

c. ikut bergabung dengan beberapa grup di media sosial untuk menjalin silaturrahmi

d. sering         membuka        situs    mengenai informasi terbaru dan membagikannya darimanapun sumbernya

e. bisa memperoleh informasi yang dibutuhkan lewat kolom pencarian dan hanya dengan satu kali klik

 

Jawab : E. Teknologi Informasi, menguasai dan memahami

 

11. Anda bekerja sebagai juru masak di sebuah restoran besar. Ketika restoran sedang ramai, tiba2 saudara Anda datang meminta tolong Anda untuk mengantarkan ke bandara. Sikap anda adalah

a. Meminta izin pemilik restoran untuk mengantar saudara Anda ke bandara

b. Meminta izin pemilik restoran untuk mengantar saudara anda ke bandara karena tidak ada yg bisa mengantarkan

c. Menyarankan saudara Anda untuk naik angkutan umum menuju bandara karena restoran sedang ramai d. Meminta        saudara           Anda   untuk menunggu    karena restoran                       ramai dan

mengantarkan ke bandara setelah restoran selesai

e. Meminta teman untuk mengantarkan saudara anda ke bandara karena restoran ramai sehingga anda tidak daoat mengantarkan sendiri

 

Jawab C(Bekerja tuntas dan Professional) gak nyusahin org lain

 

12. Anda seorang karyawan yg memiliki dedikasi yg tinggi terhadap pekerjaan. Suatu hari anda dihadapkan dengan pekerjaan yg sangat banyak dan semuanya memiliki deadline yg sama. Sebagai karyawan yang profesional apa yang anda lakukan ?

a. Menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline dengan hasil asal-asalan

b. Memilih lembur dengan harapan mendapat tambahan gaji berupa uang lembur

c. Pulang sesuai jadwal dengan meninggalkal setumpuk pekerjaan di meja

d. Melapor pada atasan bahwa anda butuh bantuan karyawan lain dalam menyelesaikan tugas yang banyak tersebut

e. Membawa tugas tersebut ke rumah dengan harapan di bantu istri

 

Jawab : D, lebih efektif dan tidak membebani diri sendiri, agar pengerjaan maksimal

 

13. Anda baru saja mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan di mana mayoritas karyawannya berlawanan jenis kelamin dengan Anda. Suatu hari atasan Anda menemui Anda dan mengatakan bahwa kehadiran Anda membuat banyak karyawan susah fokus dalam bekerja karena mereka lebih banyak memperhatikan diri Anda dibanding pekerjaan mereka sendiri. Atasan Anda  kemudian mengisyaratkan agar Anda melakukan sesuatu untuk mengatasi permasalahan tesebut. Apa yang akan Anda lakukan?

a. Tetap bekerja seperti biasa. Toh, kesalahan bukan berada di pihak saya.

b. Menyarankan kepada atasan agar mendisiplinkan para karyawan tersebut.

c. Meminta  kepada    bagian    kepegawaian    untuk dipindahkan ke divisi lain.

d. Mengubah tampilan dan perilaku Anda agar tidak menarik perhatian lawan jenis.

e. Sedapat mungkin menyarankan kepada rekan-rekan yang lain agar lebih fokus dalam bekerja.

 

Jawab D : Pengendalian Diri

 

14. Seorang bawahan Anda, seorang perempuan yg banyak prestasi, minta izin pulang cepat karena anaknya sakit keras. Sebagai atasan sikap Anda:

a. Memintanya menyelesaikan pekerjaan dulu

b. Menyuruhnya menyerahkan tugasnya ke rekan yg lain

c. Menugaskan orang lain untuk menyelesaikan tugas dia

d. Mengambil alih tugas dia

e. Mengerjakan tugasnya dgn resiko kerja lembur

 

Jawab : B. Kemampuan mengkoordinir orang lain

 

15. Agar semua warga yang tinggal di RT anda dapat mengikuti acara pengajian rutin, maka sebagai panitia kegiatan tersebut anda akan ...

a.   Menyelenggarakan pengajian di hari libur

b.   Menyelenggarakan pengajian pada setelah shalat subuh sebelum warga sibuk pergi bekerja

c.   Menyelenggarakan pengajian sore hari dimana warga yang bekerja bisa dapat mengikutinya sepulang kerja

d. Menyelenggarakan pengajian dua sesi sehingga tidak mengganggu kesibukan lain warga anda e. Meminta pendapat warga anda kapan sebaiknya pengajian dilaksanakan

 

Jawab E Kepemimpinan, mampu mengkoordinir orang lain. Selalu pilih opsi diskusi

 

16. Pada saat kita pulang dari kantor tiba-tiba hujan deras dan jalan yg kita lalui banjir. Maka :

A. Menggerutu karna banjir

B. Kesal karena banjir

C.  Menunggu hingga berhenti banjir surut

D. Biasa saja

 

Jawab C Jelas

 

17. Perusahaan tempat anda kerja saat ini mengalami penurunan yang disebab kan atasan yang baru sangat kaku & tidak terlalu paham mengenai kondisi pasar, sementara kamu sangat memahami kondisi pasar dan mengerti strategi peningkatan target. apa tindakan yang anda fikirkan (macam status facebook)

a.  Seharusnya atasan lebih terbuka dan tidak kaku dan menerima semua masukan dari team.

b.  Saya mengajukan ide secara pribadi dan mengemukakan kemampuan serta strategi untuk memperbaiki kinerja perusahaan.

c.  Mengajak atasan dan semua team untuk mengatur jadwal diskusi secara rutin untuk bertukar pendapat

d.  Membiarkan saja, karena sebagai atasan dia harus mampu mengkoordinasi team dengan baik dan punya strategi sendiri.

e. sepakat dengan team yang lain untuk biasa saja karena semua anggota juga tau prilaku nya yang kaku

 

Jawab : B. Pengendalian diri dan profesionalitas

 

18. Kalo perusahaan menginginkan inovasi baru dan km sebagai atassn apa yang km lakukan.

a. Membuat inovasi sendiri lalu memberikan ke perusahaan.

b. Meminta rekan utk menghasikan inovasi.

c. Mengumpulkan semua org dan membuat ide baru utk inovasi

d. Meminta semua org masing2 membuat inovasi lalu memilih satu yg terbaik.

e. Meminta    karyawan    paling    berprestasi    utk membuat inovasi

 

Jawab : C. mampu mengkoordinir orang lain

 

19. Ada seorang lulusan SLTA yg blm melanjutkan kuliah saat ini, dan Pak Lurah meminta aia untuk mengaja di salah satu sekolah di desa itu. Apa yg kamulakukan?

a. tidak mau karena tidak digaji

b. Mau asalkan dibayar walau suka rela

C.Mau dengan melihat jam waktu yang kosong utk hal tersebut

D.Mau dengan semangat sekaligus mengusah kemampuan mengajar

E. Pertimbangkan terlebih dahulu

 

Jawab : D. Semangat mengembangkan diri

 

20. Anda adalah petugas pelayanan pengurusan perekaman KTP. Suatu ketika datanglah nenek Tua yg meminta cucunya melakukan perekaman ktp tanpa harus mengantri (didahulukan) dan saat itu situasi ruang tunggu penuh dg orang sehingga sesak dan panas, sikap Anda adalah:

a.  Memintanya mengambil antrian dan menunggu utk dipanggil. b. Meminta pertimbangan atasan Anda.

c.  Memintanya memberi alasan utk didahulukan sembari menjelaskan prosedur aturan yg berlaku.

d. Mendahulukannya karena iba dg si nenek

e.  Menyarankanny utk pulang dan datang esok hari dg penjelasan bhw nenek tak perlu damping cucunya.

 

Jawab :A. integritas dan profesional

 

21. Kamu  adalah  pemimpin  di  suatu  perusahaan  kerjainan  (  atau  apa  gtu  gw  lupa  detailnya).  Perusahaanmu memberdayakan masyarakat sekitar sebagai pekerja. Suatu saat salah seorang masyarakat sekitar yang difabel ingin melamar di tempat anda.. apa yang anda lakukan.

a. Menerimanya bekerja karena kasihan

b. Menerimanya bekerja agar dipandang baik oleh masyarakat sekitar

c. Menolaknya bekerja karena dia tidak bisa bekerja normal

d. Menerimanya jika ia memiliki keahliannya yang sama seperti yang dibutuhkan

e.Menolaknya dan memilih masyarakat normal

 

Jawab: D. Orientasi pada orang lain dan profesional (karena sesuai sila kelima Pancasila)

 

22. Kamu adalah orang tua dari anak yang gemar jajan.. jika tidak diberi jajan maka anak anda akan merengek.. apa yang anda lakukan?

a. Menegurnya dan tidak memberikan jajan

b. Tetap memberikan jajan karena sayang padanya

c. Mengajaknya memasak bersama

d. Tidak memberikan uang jajan agar ia tidak jajan sembarangan

e. Memberikannya penjelasan mengenai pentingnya menghemat uang jajan

 

Jawab : E. mengendalikan diri

 

23. Pokoknya dijelasin kalo lu lagi dititipin keponakan dari luar negeri untuk jalan2 di Indo.. apa yang lu lakukan untuk menjelaskan padanya mengenai keberagaman di Indonesia??

Pilihannya ada:

a.  mengajaknya mengenal budaya dengan menceritakan sejarah di tempat-tempat yang di lewati(kalo gk salah ini kita ngajakin dia buat keliling2 tempat bersejarah di daerah itu)

b.  ajak orang2 di lingkungan buat ngenalin dia keberagaman,

c.  main ke rumah2 ibadah,

d.  jadi wakil orang tuanya buat ngedidik dia ttg keberagaman,

e.  jadi perpanjangan tangan ortu untuk mengajarinya ttg keberagaman melalui tindakan sehari-hari..

 

Jawab :E. sosial Budaya, mengajarkan dengan contoh

 

24. Anda disuruh oleh perusahaan untuk menjadi panitia acara 17 agustus. akan tetapi pada saat hari-H, bintang utama berhalangan untuk datang. sebagai panitia apa yang akan anda kerjakan?

a. memberi tahu panitia-panitia yang lain untuk saling berdiskusi mengenai masalah ini.

b. menanyakan masalah ini ke pimpinan perusahaan

c. membiarkan acara berlangsung tanpa kehadiran bintang utama

d. suatu kesempatan yang sangat baik untuk menyiapkan suatu acara yang besar

e.  memilih panitia untuk mengeluarkan bakat mereka masing-masing sebagai pengisi kekosongan acara.

 

Jawab A, kalau jadi pemimpin selalu berdiskusi dulu sebelum mengambil keputusan

37. Ada tamu mencari atasan anda dikantor  yang merupakan kawasan bebas asap rokok. Di ruang tunggu, sang tamu merokok  dengan  asyiknya.  Saat  diingatkan  oleh  oleh  satpam,  tamu  tersebut  malah  marah-marah.  Anda yang menyaksikan kejadian itu akan..

a. diam saja bukan urusan saya

b. ikut mengingatkan bahwa dilarang merokok memberikan permen

c. mengajak ngobrol dan menemani merokok

d. minta maaf apabila satpam kurang sopan dan menawarkan permen

 

jawab : B. (udah diatas, males ngapus)

 

38. Anda adalah pegawai yang disiplin terhadap waktu. ketika anda dijalan, anda sedang menemui remaja sekolah tawuran, sedangkan anda dikejar waktu, karena atasan anda akan mengadakan rapat  dadakan yang sangat penting yang tidak bisa ditinggalkan, dikarenakan akan membahas hal yang sangat penting apa yang anda lakukan ?

A Lindes remaja tawuran setekah itu bergegas kekantor tanpa peduli apa yang terjadi pada remaja

B Mengolok olok remaja tawuran lalu bergeas pergi karna dikejar waktu

C  Menangkap remaja tawuran dan mengajak warga sekitar untuk menghajar bareng-bareng

D Menelrpon atas dan melaporkan kejadian dan tidak ikut rapat

E Foto tawuran dan upload ke medsos

 

JAWABAN

 

39. Di dalam rapat, rekan Anda ada  yg membuka FB di hpnya. Atasan Anda mengambil hp rekan Anda dan menyitanya sementara waktu. Sikap Anda...

a. Setuju denganperlakuan atasan

b. Setuju dan mengikuti semua aturan atasan

c. Setuju danmengikMuti atasan

d. Mencoba mendiskeusikan dg atasan

e. Setuju         namulnberharap         atasan         lebih mempertimbangkan.

Jawab : B. integritas prokfesional

 

 

40.    Anda mempunyai klient yg telah bertahun -  tahun di perusahaan anda, suatu ketika klient tsb di tangani oleh rekan kerja anda. Dan rekan kerja tsb melakukan suatu tindakan yg tidak disenangi oleh  klien tsb. Bagaimana sikap anda dlam situasi tsb?

a. Meminta maaf atas nama rekan kerja anda

b.  Mengucapkan terimakasih banyak kepada klient tsb dan menjadikan sebagai tolak ukur kinerja anda

c.  Mendengarkan keluhan tsb dengan seksama dan akan ditindaklanjuti.

d. Mendengarkan keluhan tsb dgn seksama dan langsung chatting ke rekan kerja anda yg dimaksudkan.

e. Mendengarkan keluhan tsb dgn seksama dan akan melaporkan ke atasan/pihak yg bewenang.

 

Jawab : A. menurut saya paling pas A, 'tindakan yg tidak disenangi' bukan 'melanggar aturan'. hubungannya pribadi, jadi cukup meminta maaf dan tidak melanjutkan masalah

 

 

41. Anda melihat banyak sampah berserakan di pinggir jalan dekat tempat pembuangan sampah yang menggangu sedikit jalannya kendaraan. Disaat bersamaan anda sudah dalam keadaan rapi dan bersih untuk pergi ke pesta pernikahan kawan anda. Apakah yang akan anda lakukan melihat itu?

a. Segera merapikansampah itu tanpa pikir panjang, toh ini kepentingan masyarakat banyak.

b. Membiarkannyakarena bukan tanggung jawab saya

c. Memberitahuorang yang ada disekitar jalan untuk memungut        sampah           tersebut           dan merapikannya

d. Memviralkan nyadi media sosial agar  semua orang paham kondisi  ini

e. Menelepon pihakberwenang yang bertanggung jawab dengan sampah  ini

 

Jawab :E. Jejaring Kerja

 

42. Anda disuruh membeli program office baru oleh atasan anda, namun anda tahu program program tersebut ada kelemahan yang akan berisiko bagi keuangan kantor. Apa               yang    anda lakukan  dalam  keadaanini?

a.   Memberitahu keatasan anda   program yg akan dibeli ada kelemahan.

b.   Membeli nya,namun hanya diam saja tanpa harus memberitahu kelemahan nya, karena ini tanggung jawab atasan.

c.   TetapMembelinya, dan dari kelemahan program ini saya antisipasi bekerjasama dengan ahli IT

d.   Membeli programyg dipesan atasan dan juga membeli program yang baik dari segi pandangan saya.

e.   Memastikanterlebih dahulu kebenaran dari kelemahan program pada pemilik toko tempat program itu dibeli baru dipikirkan lagi.

Jawab : A. Tuntas tegas

 

43. Anda ditugaskan ke suatu tempat membawa sejumlah paket barang dengan mengendarai kendaraan dinas. Di tengah jalan, kendaraan dinas itu mengalami kerusakan, sementara masih ada setengah jumlah paket barang belum didistribusikan. Apa yang anda lakukan ?

a. Kembali kekantor membawa sisa barang dan mengganti kendaraan dinas

b. Memakaikendaraan sendiri, kemudian membagikan paket yang masih ada.

c. Menyewakendaraan dengan uang sendiri, meskipun uang tersebut belum tentu diganti oleh Kantor

d. Kembali ke kantordan distribusi paket dilanjutkan besok

 

Jawab : C.

 

44. Saya adalah wargabaru d lingkungan ini. Dan ada tradisi setiap tetanga baru harus membagikan makanan khas daerahnya. Apa yg akan kamu lakukan

a.   Menolaknyakarena tidak memiliki makanan khas daerah

b.  Tidak mengikutitradisi itu

c.   Memberi makananhanya kepada tetangga dekat saja

d.   d. Membagi-bagikan makanan kepada seluruh anggota komplek tersebut

e. Saya pura2 tidaktau tradisi itu J

awab :  D.

 

45. Anda sebagai manajer pelayanan konsumen di salah satu tempat service mobil. Suatu hari ada seorang pelanggan perempuan yang sudah menunggu 3 jam untuk service mobilnya. Untuk membuat pelanggan merasa nyaman dalam menunggu, hal apa yang anda lakukan...

a. Mengajak ngobrolpelanggan sembari menunggu mobilnya selesai di service

b. Memutar musik diruang tunggu

c.Mendekorasiruang tunggu menjadi bersih, nyaman, ber ac, dan disediakan minuman serta bacaan

d. Memasang wifi diruang tunggu

e. Memasang tvdiruang tunggu

 

Jawab A . paling realistis dilakukan segera

 

46. Anin adalah seorang perawat. saat mau berangkat kerja ada yang menyerempet anin sampai terjatuh tp untungnya gpp. kemudian setelah sampai ada pasien yang ternyata orang itulah yang menyerempet anin. tpi pasien itu terlihat marah2 kepada yang mengantarnya ke rumkit. jika Anda Anin apa yang Anda lakukan?

a. Tidakmemperdulikannya (ini jawabannya agak panjang tp intinya gini)

b. ttp melayanipasien tsb secara maksimal

c. Melayani pasientersebut dengan baik serta melupakan kejadian tadi pagi

d. Lupa

e. Melayani pasiendengan sepenuh hati dan mengucapkan terima kasih berkali2 kepada yang mengantarkrn jika terlambat nyawa pasien tidak akan selamat

Jawab : E

 

47. Seorang teman anda mencuri ide dan gagasan anda dan mempresentasikan nya didepan pejabat daerah sehingga mendapatkan penghargaan. Sikap anda adalah

a. Diam saja danmenyelamatkannya atas prestasi tersebut

b. Mencari buktiuntuk melaporkan nya kepada panitia karena plagiarisme itu adalah tindakan buruk.

c. Berbisik keatasnya dan melaporkan nya.

d. Menegurnyakarena hal yang dia lakukan itu tidak baik.

e. Segera naik keatas panggung untuk melakukan klarifikasi bahwasanya itu adalah ide saya

 

Jawab :  D.  soalnya    yg   dicuri baru ide dangagasan.   bukan dalam bentuk tulisan/publikasi

 

48. Anda sedang mengendarai motor dengan agak terburu-buru karena khawatir terlambat sampai dikantor. Ditengah perjalanan, dari jauh terlihat ada sepasang laki- laki dan perempuan berpakaian serba putih-hitam menghentikan setiap keendaraan yang melintas dihadapannya dengan panik, namun sepertinya tidak mendapat respon yang baik. Motor Anda pun di stop, laki-laki itu meminta bantuan Anda untuk mengantarkan istrinya yang akan mekaksanakan ujian CAT CPNS dalam waktu kurang lebih 30 menit lagi, karena motor yang mereka tumpangi mengalami bocor ban dan sedang ditangani oleh bengkel. Rupanya tempat yang dituju kebetulan satu arah, namun bukanlah jalur tercepat yang biasa Anda lewati untuk sampai dikantor. Yang akan Anda lakukan adalah...

a.  Menyarankan kepada laki-laki itu agar sebaiknya istrinya naik ojeg saja dan mengatakan bahwa saya sedang terburu-buru.

b.  Menolaknya dengan tegas karena saya tidak ingin terlambat

c.  Mengantarkan istrinya dengan syarat harus membayar ongkos

d.  Mengantarkan hanya setengah jalan karena saya harus melintasi jalur yang berbeda untuk cepat sampai dikantor.

e.     Mengantarkan istrinya sampai ketempat yangdituju meskipun dengan konsekuensi pasti saya akan terlambat sampai dikantor.

 

Jawab : D. Agak lebih realistis dan masih ada kepedulian

 

49. Anda sedang buru-buru ke kantor karena ada rapat mendadak dengan atasan Anda, tetapi Anda mendapati piring pecah di lantai dapur rumah Anda yang dapat membahayakan orang lain. Tindakan Anda...

a.   Membiarkan saja dan buru-buru berangkat ke kantor

b.  Menelepon teman Anda untuk menggantikan Anda rapat

c.   Menelepon teman bahwa Anda sedikit terlambat datang dan membersihkan pecahan piring d.  Membersihkan pecahan tersebut lalu datang terlambat

e.   Menutup pecahan piring dengan kain karena buru-buru agar tidak terlambat rapat dengan atasan Anda

 

Jawab : E. Lebih bisa diterima Karena mengingat waktu mendesak, perlu cara yang ringkas

 

50. Anda ditugasi atasan anda berdinas keluar pulau.Anda berencana pergi dengan menggunakan transportasi udara.

Setelah lama menunggu, akhirnya pesawat yang rencananya akan anda naiki telah datang. Namun di sisi lain anda melihat seorang nenek yang sedang kebingungan. Sikap anda . . .

a. Membantu nenektersebut menyelesaikan masalahnya

b. Meminta satpamuntuk membantu nenek tersebut karena anda terburu-buru

c. Pergimeninggalkan nenek tersebut karena anda harus segera naik pesawat

d. Merasa kasihanterhadap nenek tersebut tapi apalah daya anda tidak dapat membantu nenek tersebut

e.        Merasa iba dandengan sangat berhati-hati membantu nenek tersebut

 

Jawab : B. Karena pemberangkatan dipesawat tidak bisa lambat, yang memungkin memberitahukan satpam yang berkeliaran di bandara yang biasanya banyak.

 

51. Anda bekerja sebagai pelayanan penginputan sistem SIPKD di keuangan, saat itu anda menerima tamu dari dinas lain yang konsultasi cara menginputan belanja. saat anda membimbing dinas tersebut, tiba2 rekan kerja anda memanggil dan minta bantu untuk menyambungkan komputernya ke internet yang hanya berjarak 2 meter dri tempat duduk anda, apa yang akan anda lakukan ?

a.         meluangkan waktu untuk menyambungkan internet rekan kerja terlebih dahulu

b.   tetap fokusmembimbing dinas tersebut dan membiarkan panggilan dari rekan kerja

c.         mengajari caramenyambung internet hanya melalui ucapan tanpa datang ke tempat rekan bekerja dan kembali membimbing                         dinas tersebut

d.   membimbing dinas tersebut dan meminta rekan kerja untuk menunggu.

e.   Meminta maaf kepada dinas tersebut karena ingin membantu rekan kerja terlebih dahulu.

 

Jawab : C. Lebih efektif dan efesien

 

52. Anda dan dua teman anda diundang oleh teman anda yang berbeda keyakinan ke acara pernikahannya. Sehari sebelum acara dimulai anda diminta menggunakan pakaian khusus yang tidak biasa digunakan oleh agama anda. Apa yang akan anda lakukan?

a.   Menolaknya dengan tegas dan sopan

b.   Menyetujui tetapi hanya memakainya saat itu saja

c.         Menyetujuinya  setelah  merundingkannya  dengan  kedua  teman  terlebih  dahulu  agar  pakaian  ada  sedikit perubahan

d.   Menolaknya lalu pura-pura sakit

e.   Menyetujuinya dan bersedia melakukan apa saja sesuai agama dan adat istiadat teman

 

Jawab : C. orientasi pada orang lain. Kedepankan diskusi

 

53. Di tempat anda bekerja, bagian HRD kesulitan ketika menyeleksi pegawai baru karena sistem lama yang masih manual. Jika Anda seorang praktisi IT,Apa yg anda lakukan untuk mengatasi hal tsb...

a.  Menyewa konsultan IT dan mebangun sistem untuk mempermudah proses seleksi.

b.  Mempelajari permasalahannya lalu membuat sistem mandiri

c.  Membuat     sistem    mandiri    seadanya    sesuai kemampuan

d.  Meminta teman anda yang ahli IT untik membuatsistem mandiri

e. Membeli sistem dari perusahaan lain yang sudah jadi

 

Jawab : B. Karena disini kita dianggap sebagi praktisi / pelaksana sesuai dalam bidang keahlian

 

54. saat jam istirahat di kantor, semua rekan-rekan anda berkumpul di kantin untuk makan siang, tiba-tiba salah satu teman anda berbicara dalam bahasa daerah yang membuat semua rekan anda menertawakan teman anda tersebut. bagaimana sikap anda menanggapi hal ini?

a.   langsungmengalihkan pembicaraan lain yang tidak berhubungan dengan candaan teman anda tersebut

b. Ikut menertawakan hal tersebut bersama rekan yang lain

c. menemui rekantersebut dibelakang secara personal dan menghiburnya

d. mengajak ngobrolrekan dan menyampaikan jika candaan tersebut tidak perlu ditanggapi e. melaporkan hal ini kepada atasan

Jawab : D. Upaya yang bisa dilakukan segera, dengan maksud juga menerangkan atas hal tersebut

 

55. Anda memiliki seorang teman yang bercerita kepada anda dan mengeluhkan suami nya yang pecandu narkoba.

Dan memohon bantuan karena dia sudah kehabisan cara menghadapi suami nya. Anda sangat prihatin melihat teman anda yg sangat tertekan itu. Anda memiliki sahabat yang bekerja di Lembaga yg merehabilitasi pecandu narkotika (lupa tadi apa nama nya) maka tindakan anda...

a.  memberi nomor telepon teman, agar dia segera mendaftarkan suami nya di rehabilitasi

b.  Memberi nomor teman dan memperkenalkan teman anda yg bermasalah kepada teman anda yg jadi petugas c.  Menelpon teman dan memintanya mendaftarkan suami teman yg harus di rehabilitasi

d.   menyarankannya agar segera mendaftar di lembaga rehabilitasi tersebut.

e.   Tidak melakukan apapun karena dia harus nya tau sendiri tempat merehabilitasi dimana

 

Jawab : D. Sebatas saran terlebih dahulu tidak langsung reaksioner

 

56. saat  ini  perusahaan  anda  mengalami  kemerosotan  penjualan,  berdasarkan  tim  riset  yang  telah  melakukan  riset  pasar mendapatkan hasil bahwa saat ini konsumen cenderung memanfaatkan perkembangan teknologi dan perusahaan anda masih belum mengutamakan teknologi. pimpinan kemudian menunjuk and sebagai bagian dari tim kreatif untuk memberikan solusi atas masalah ini, maka  solusi apa yang akan anda berikan.

a. Memberikan ide-ide yang sesuai dengan minat pasar untuk meningkatkan kembali penjualan perusahaan b. melakukan riset terlebih dahulu dan menentukan ide- ide yang akan dikembangkan

c. memberikan ide-ide yang orisinil dan solusi yang memberikan keuntungan bagi perusahaan

d. mengambil ide dari perusahaan lain yang telah maju agar mempercepat kemajuan perusahaan

 

Jawab : A. Cenderung pada Lebih pada melihat situasi pasar apa yang di butuhkan tau cara pemasaran

 

57. pimpinan di perusahaan anda adalah orang yang sudah cukup berumur dan sudah sering mejadi ketua di perusahaan tersebut dengan kinerja yang sangat baik, akan tetapi menurut rekan kerja anda, pimpinan tersebut tidak memiliki pengetahuan  IT  yang  baik  padahal  sekarang  ini  disetiap  pekerjaan  kita  tidak  bisa  terlepas  dari  teknologi, menanggapi hal ini apa yang anda lakukan?

a.   menawarkan     secara     pribadi    kepada pimpinan    tersebut  untuk           membantu mengetahui IT

b. mendiskusikan masalah ini di dalam rapat

c. membiarkannya saja karena beliau sudah memiliki kinerja yang baik dan IT bukan pekerjaan utamanya

d. membantunya dan mendorongnya untuk memahami IT

e. mengajak rekan-rekan yang lain untuk turut membantu beliau memahami IT

 

Jawab : A . Pengendalian Diri dan aktif

 

58. Kamu adalah orang tua dari anak yang gemar jajan.. jika tidak diberi jajan maka anak anda akan merengek.. apa yang anda lakukan?

a.   Menegurnya dan tidak memberikan jajan

b.  Tetap memberikan jajan karena sayang padanya c.   Mengajaknya memasak bersama

d.   Tidak memberikan uang jajan agar ia tidak jajan sembarangan

e.   Memberikannya penjelasan mengenai pentingnya menghemat uang jajan

 

Jawab E mengendalikan diri

 

59. Anda seorang resepsionis di suatu kantor yang bergerak dalam bidang pelayanan. Banyak keluhan yang ditujukan pada instansi tempat anda bekerja. Padahal di instansi anda tersebut terdapat fasilitas untuk keluhan online. Sikap anda...

a.   Menerima keluhan para konsumen sembari mengajarkan cara menyampaikan keluhan secara online b.   Menerima dan menanggapi keluhan sembari mengajarkan cara menyampaikan keluhan secara online

c.         Menerima   dan   menyelesaikan   keluhan   konsumen   sambil   menanyakan   apakah   ada   kesulitan   saat menyampaikan keluhan secara online

d.   Menyelesaikan  keluhan  konsumen  sambil menanyakan  apakah  ada  kesulitan  saat  menyampaikan  keluhan secara online

e.   Mendengarkan keluh kesah konsumen tentang masalahnya dan mengajarkan cara menyampaikan keluhan scr online

 

Jawab : B. Orientasi pelayanan, menerima dan menanggapi adalah prosedur standar resepsionis

 

60. Saya diutus untuk menghadiri seminar menggantikan atasan saya. Pada saat yang bersamaan saya sedang mengerjakan laporan yang tidak terlalu mendesak.

a. Saya akan selesaikan terlebih dahulu laporan tersebut, sebab bisa saja diminta oleh atasan sewaktu-waktu.

b. Laporan tersebut akan menjadi merepotkan kalau tertunda.

c.  Saya akan menghadiri seminar tersebut agar dapat menghindar dari tugas laporan.

d. Saya akan menghadiri seminar tersebut karena laporan belum harus segera diserahkan kepada atasan.

e. Saya bisa menghadiri seminar dan mengerjakan laporannya nanti saja.

 

Jawab A : Profesional bekerja tuntas

 

61. Anda sedang mengerjakan  tugas  di  perpustakaan  dan  1  jam  lagi  harus  selesai.  Tiba2 ada teman  anda  yang menanyakan letak suatu buku. Anda tahu dimana letak buku tersebut. Apa yang anda lakukan?

a.  menyuruhnya untuk bertanya ke petugas perpustakaan saja b.  menyampaikan kalau anda sedang sibuk

c.  tetap di tempat duduk dan menjelaskan saja dimana letak buku tersebut

d.  meninggalkan pekerjaan anda sebentar untuk mengantarnya menunjukan buku yang dimaksud, dan kembali melanjutkan pekerjaan anda

 

Jawab : C, fokus menyelesaikan tugas (Integritas)

 

62. Anda mendapatkan promosi jabatan yang sangat anda idam-idamkan. Sikap anda...

a. Berusahamengendalikan kebanggaan dan kebahagiaan diri serta keluarga

b.  Sulit menahandiri untuk tidak bangga dan bahagia hingga semua orang harus tau mengenai promosi saya

c.  Merasa banggadan bahagia serta mengadakan syukuran dengan keluarga

d. Bangga danbahagia atas diri sendiri

e. Merasa banggadan bahagia dan menyuruh keluarga mengadakan syukuran

Jawab : A. Pengendalian Diri


Related Posts

Post a Comment

mgid