Modul belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang Ilmu Pengetahuan Sosial jenjang PGSD.
Modul Belajar Mandiri ASN PPPK Bidang Studi PGSD IPS |
Pembelajaran 1: Manusia, Tempat dan Lingkungan
Manusia, Tempat dan Lingkungan merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru pendidikan sekolah dasar (IPS) agar mampu Menjelaskan manusia sebagai individu, Menjelaskan manusia sebagai makhluk sosial, Menjelaskan manusia sebagai makhluk budaya, Menjelaskan konsep ruang, Menjelaskan konsep tempat, Menjelaskan Lingkungan alam, Menjelaskan konsep bumi
Untuk mencapai
kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi menganai Manusia. Tempat, dan
Lingkungan dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan
Manusia sebagai individu
sekaligus juga sebagai makhluk sosial sulit dipisahkan dengan manusia lainnya
sejak lahir sampai dewasa selalu bergantung dan membutuhkan orang lain. Manusia
juga merupakan makhluk budaya karena budaya dipelajari dan diwariskan dari satu
generasi ke generasi berikutnya sebagai cara mempertahankan dan meneruskan
sesuatu yang dianggap baik. Tempat di permukaan bumi dibentuk oleh karakter
fisik dan makhluk hidup yang hidup di tempat itu. Dalam mengkaji tempat, aspek
site dan situasi melekat di dalamnya yaitu kondisi internal tempat itu dan
kondisi eksternal dari tempat itu. Lingkungan diartikan segala sesuatu yang
ada di langit dan di bumi. Bumi merupakan satu-satunya planet yang ada di
lingkungan kita yang memenuhi syarat-syarat adanya kehidupan. Sebagai suatu
tempat kehidupan, permukaan bumi adalah ruang yang luas yang memiliki bentuk
beragam yang terbentuk oleh faktor endogen dan eksogen. Manusia adalah
salah satu makhluk hidup yang ada di permukaan bumi. Penduduk adalah semua
orang yang menempati suatu wilayah hukum tertentu dan waktu tertentu. Penduduk
yang mendiami wilayah suatu negara sering memunculkan berbagai macam dinamika
kependudukan.
Untuk lebih memahami
materi mengenai Manusia Tempat, dan Lingkungan, Anda dapat membaca materi
pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan
Pembelajaran 2: Waktu, Perubahan, dan
Sistem Sosial Budaya
Waktu,
Perubahan, dan Sistem Sosial Budaya merupakan salah satu materi yang harus
Anda kuasai sebagai guru pendidikan sekolah dasar (IPS) agar
mampu Menjelaskan konsep waktu, Menganalisis metode sejarah, Menganalisis
keberlanjutan dan perubahan dalam sejarah, Membandingkan pengaruh Kerajaan
Hindu-Budha dan Islam pada kehidupan masyarakat Indonesia, Menganalisis
perlawanan terhadap penjajahan di Indonesia, Menganalisis peristiwa proklamasi
kemerdekaan dan upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia, Menjelaskan konsep
kebudayaan, Menjelaskan unsur-unsur kebudayaan, dan Menjelaskan watak nilai
Untuk mencapai
kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi menganai Waktu, Perubahan,
dan Sistem Sosial Budaya dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan
Waktu adalah seluruh
rangkaian saat ketika proses, perbuatan atau keadaan sedang berlangsung. Kata
sejarah di dalamnya mengandung arti pertumbuhan atau kejadian yang tumbuh
hidup, berkembang, bergerak terus dan akan berjalan terus tanpa henti sepanjang
waktu. Sejarah sebagai sebuah peristiwa menyangkut peran manusia baik
sebagai objek maupun sebagai subjek pelaku dalam peristiwa sejarah dalam kurun
waktu dan ruang. Sejarah sebagai kisah adalah sejarah yang dikenal sehari-hari
melalui buku-buku, majalah-majalah, dan surat-surat kabar. Sedangkan sejarah
sebagai ilmu adalah sejarah sebagai aktualitas, mengadakan penelitian dan
pengkajian terhadap peristiwa sejarah. Metode sejarah merupakan pedoman yang
digunakan sejarawan terhadap sumber-sumber sejarah melalui tahap heuristik,
kritik, interpretasi dan historiografi. Kehidupan manusia saat ini merupakan
keberlanjutan dari kehidupan masa lampau dan kehidupan saat ini merupakan jalan
untuk menyongsong kehidupan di masa datang. Perubahan adalah gejala biasa yang
terjadi dalam setiap masyarakat, cepat atau lambat masyarakat akan mengalami
perubahan. Sistem sosial adalah orang-orang yang ada dalam kelompok yang saling
pengaruh mempengaruhi satu sama lain. Sistem budaya merupakan ide-ide, gagasan-
gagasan manusia yang hidup bersama dalam suatu masyarakat.
Untuk lebih memahami
materi mengenai Waktu, Perubahan, dan Sistem Sosial Budaya, Anda
dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah
disediakan
Pembelajaran 3: Perilaku Ekonomi dan
Kesejahteraan
erilaku ekonomi
dan kesejahteraan merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai
guru pendidikan sekolah dasar (IPS) agar mampu menjelaskan perilaku, motif, dan
prinsip ekonomi; Konsep produksi, distribusi, dan konsumsi; Menganalisis pasar;
dan menganalisis kesejahteraan.
Untuk mencapai
kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi mengenai Perilaku ekonomi dan
kesejahteraan dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan
Ekonomi adalah ilmu yang
mempelajari perilaku manusia dalam mengusahakan dan mengatur kegiatan kosumsi
dan produksinya. Dengan mempelajari ilmu ekonomi berarti kita juga mempelajari
suatu perilaku dalam memilih berbagai alternatif yang memberikan hasil terbaik.
Kebutuhan manusia memiliki sifat yang tidak terbatas karena manusia cenderung
tidak pernah merasa puas dan selalu merasa kekurangan sementara sumber daya
yang dimilikinya terbatas. Dengan keterbatasan sumber daya dimiliki tersebut,
manusia berusaha mengatasi masalah itu dengan melakukan perilaku ekonomi. Motif
merupakan alasan atau niat dari suatu kegiatan. Semua yang dilakukan manusia
memiliki alasan tertentu. Motif ekonomi merupakan sebuah alasan yang mendasari
seseorang dalam melakukan aktivitas perkekonomiannya. Sedangkan prinsip ekonomi
adalah suatu usaha dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan
pengorbanan yang minimal. Inti dari kegiatan ekonomi adalah produksi, disribusi
dan kosumsi. Produksi adalah kegiatan untuk menghasilkan barang dan jasa yang
dibutuhkan masyarakat. Distribusi adalah proses menyalurkan barang dan jasa
dari produsen sampai pada konsumen. Sedangkan konsumsi adalah suatu aktivitas
pemakaian barang dan jasa baik secara langsung maupun tidak langsung. Pasar
adalah tempat pertemuan antara pembeli dan penjual walaupun mungkin tidak
secara langsung tetapi melalui saluran lain yang dapat menghubungkan antara
penjual dan pembeli. Kesejahteraan masyarakat sebenarnya adalah objek formal
kajian ilmu ekonomi. Semua orang yang melakukan kegiatan ekonomi adalah dalam
rangka memenuthi kebutuhan hidupnya untuk memperoleh sebuah kesejahteraan.
Untuk lebih memahami
materi mengenai Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan Anda dapat membaca
materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan
Pembelajaran 4: Fenomena Interaksi
dalam Perkembangan IPTEK dan Masyarakat Global
Fenomena
Interaksi dalam Perkembangan IPTEK dan Masyarakat Global merupakan salah
satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru pendidikan sekolah
dasar (IPS) agar mampu Menjelaskan hakikat IPTEK, Menjelaskan
perkembangan IPTEK, Menganalisis perkembangan IPTEK dan kehidupan manusia,
Menjelaskan kelestarian lingkungan, Menganalisis perkembangan IPTEK dan
kelestarian lingkungan, Menjelaskan masyarakat global, Menganalisis perkembangan
IPTEK dan masyarakat global
Untuk mencapai
kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi mengenai Fenomena Interaksi
dalam Perkembangan IPTEK dan Masyarakat Global dari bahan belajar mandiri
yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline.
Selain itu,
bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari
materi.
Perkembangan IPTEK tidak
lepas dari kehidupan manusia. Tidak mungkin IPTEK berkembang tanpa adanya
manusia. Perkembangan IPTEK berperan sangat besar dalam kehidupan manusia di
belahan dunia mana pun. Dengan kata lain, perkembangan IPTEK seakan-akan
merupakan faktor dominan dalam perkembangan keadaan dunia seperti sekarang. Hal
ini merupakan tantangan bagi kita untuk dapat mengembalikan IPTEK dalam
peranannya bagi kehidupan manusia. Bagaimana IPTEK digunakan untuk penggalian
dan pengembangan kekayaan alam yang membawa manfaat bagi manusia pada umumnya
secara terus-menerus dengan mengamankan ekosistem manusia bagi generasi yang
akan datang? IPTEK harus digunakan untuk mempercepat proses produksi dan
pertumbuhan ekonomi, memperluas lapangan kerja, untuk menciptakan kesejahteraan
dan kemakmuran masyarakat secara merata bukan malah digunakan untuk merusak dan
mengganggu keseimbangan tatanan kehidupan manusia dalam masyarakat
global.
Masyarakat global
merupakan suatu masyarakat yang memiliki pemikiran secara meluas, tidak lagi
terbatas pada batas suatu negara, bersifat universal dan mengglobal tidak hanya
peduli terhadap permasalahan di negaranya saja namun juga mencakup masalah
orang-orang di negara lain. Dengan perkembangan IPTEK, masyarakat global dapat
saling berinteraksi satu sama lain dengan melalui perjalanan udara,
telekomunikasi, jaringan komputer dan elektronik yang dapat digunakan untuk
mencapai suatu tujuan tertentu dari belahan manapun di dunia ini.
Untuk lebih memahami
materi mengenai Fenomena Interaksi dalam Perkembangan IPTEK dan Masyarakat
Global Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan
yang telah disediakan.
Refleksi Pembelajaran
Post a Comment
Post a Comment