Modul belajar mandiri ini memberikan
pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep
pembelajaran Matematika jenjang Sekolah Dasar.
Komponen-komponen di dalam modul belajar
mandiri ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah
memahami materi esensial terkait Bilangan Asli Cacah dan Bulat ,
Bilangan Pecahan, Geometri, Pengukuran, Statistika dan Peluang, serta Kapita
Selekta Matematika, sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir tingkat
tinggi.
Modul Belajar Mandiri ASN PPPK Bidang Studi PGSD Matematika |
Pembelajaran 1: Bilangan Asli, Cacah dan Bulat
Bilangan Asli,
Cacah dan Bulat merupakan salah satu materi yang harus Anda pelajari
sebagai guru matematika SD agar menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural
serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi bilangan, bilangan bulat, FPB
dan KPK) dan dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan
sehari-hari terkait materi bilangan, bilangan bulat, FPB dan KPK.
Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi bilangan asli
cacah dan bulat, bilangan bulat dan operasi hitung pada ilangan bulat, serta
faktor persekutuan terbeasr (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil )KPK),
dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik
secara online maupun offline.
Selain itu,
bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari
materi.
ilangan adalah suatu unsur atau objek yang
tidak didefinisikan (underfined term). Bilangan merupakan suatu
konsep yang abstrak, bukan simbol, bukan pula angka. Bilangan menyatakan suatu
nilai yang bisa diartikan sebagai banyaknya atau urutan sesuatu atau bagian
dari suatu keseluruhan. Bilangan merupakan konsep yang abstrak, bukan simbol,
dan bukan angka. Tanda-tanda yang sering ditemukan bukan suatu bilangan tetapi
merupakan lambang bilangan. Lambang bilangan memuat angka dengan nilai tempat
tertentu
Himpunan yang merupakan gabungan dari himpunan
bilangan asli dengan lawannya dan juga bilangan nol disebut himpunan bilangan
bulat. Bilangan asli tersebut dapat disebut juga bilangan bulat positif.
Lawan dari bilangan asli tersebut dapat disebut bilangan bulat negatif
FPB dari dua bilangan positif adalah bilangan
bulat terbesar yang membagi keduanya. Dinyatakan dengan 𝑎
= FPB (𝑎, 𝑏),
Kelipatan persekutuan terkecil dari dua bilangan bukan nol 𝑎 𝑑𝑎𝑛 𝑏, KPK{𝑎, 𝑏} adalah bilangan bulat positif m yang
memenuhi a│m dan b│m. KPK {𝑎, 𝑏} = axb
Untuk lebih memahami materi mengenai konsep dasar nilangan asli, cacah dan
bulat. Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik
tautan yang telah disediakan.
Pembelajaran
1: Bilangan Asli, Cacah dan Bulat
Bilangan Asli,
Cacah dan Bulat merupakan salah satu materi yang harus Anda pelajari
sebagai guru matematika SD agar menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural
serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi bilangan, bilangan bulat, FPB
dan KPK) dan dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan
sehari-hari terkait materi bilangan, bilangan bulat, FPB dan KPK.
Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi bilangan asli
cacah dan bulat, bilangan bulat dan operasi hitung pada ilangan bulat, serta
faktor persekutuan terbeasr (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil )KPK),
dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik
secara online maupun offline.
Selain itu,
bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari
materi.
ilangan adalah suatu unsur atau objek yang
tidak didefinisikan (underfined term). Bilangan merupakan suatu
konsep yang abstrak, bukan simbol, bukan pula angka. Bilangan menyatakan suatu
nilai yang bisa diartikan sebagai banyaknya atau urutan sesuatu atau bagian
dari suatu keseluruhan. Bilangan merupakan konsep yang abstrak, bukan simbol,
dan bukan angka. Tanda-tanda yang sering ditemukan bukan suatu bilangan tetapi
merupakan lambang bilangan. Lambang bilangan memuat angka dengan nilai tempat
tertentu
Himpunan yang merupakan gabungan dari himpunan
bilangan asli dengan lawannya dan juga bilangan nol disebut himpunan bilangan
bulat. Bilangan asli tersebut dapat disebut juga bilangan bulat positif.
Lawan dari bilangan asli tersebut dapat disebut bilangan bulat negatif
FPB dari dua bilangan positif adalah bilangan
bulat terbesar yang membagi keduanya. Dinyatakan dengan 𝑎
= FPB (𝑎, 𝑏),
Kelipatan persekutuan terkecil dari dua bilangan bukan nol 𝑎 𝑑𝑎𝑛 𝑏, KPK{𝑎, 𝑏} adalah bilangan bulat positif m yang
memenuhi a│m dan b│m. KPK {𝑎, 𝑏} = axb
Untuk lebih memahami materi mengenai konsep dasar nilangan asli, cacah dan
bulat. Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik
tautan yang telah disediakan.
Pembelajaran 2: Bilangan Pecah (Pecahan)
Konsep
dasar bilangan pecah (pecahan) merupakan salah satu materi yang harus Anda
pelajari sebagai guru matematika agar mampu menguasai dan
menggunakan pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya
dalam konteks materi pecahan, persen, perbandingan dan skala.
Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi bilangan
pecahan, operasi hitung pada bilangan pecahan, bentuk desimal dan persen serta
perbandingan dan skala dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan,
Konsep bilangan pecahan dapat
dihubungkan dengan konsep besar (luas), panjang, maupun himpunan. Bilangan
pecahan dapat diilustrasikan sebagai perbandingan himpunan bagian yang sama dari
suatu himpunan terhadap keseluruhan himpunan semula, bilangan pecahan dapat
dibagi menjadi bilangan pecahan murni, senama, dan campuran.
Pembahasan selanjutnya tentang operasi
hitung pada bilangan pecahan, yaitu: penjumlahan pecahan berpenyebut sama dan penjumlahan
pecahan berpenyebut berbeda, pengurangan pecahan berpenyebut sama dan
berpenyebut berbeda, perkalian bilangan pecahan dan pembagian bilangan pecahan.
Dibahas juga tentang pengertian
bilangan desimal, mengubah penulisan bilangan pecahan dari bentuk biasa ke
desimal dan sebaliknya, operasi pada bilangan desimal dan persen, serta
perbandingan dan skala.
Untuk lebih memahami materi mengenai
konsep dasar bilangan pecah (pecahan), Anda dapat membaca materi
pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan
Pembelajaran 3: Geometri
Geometri merupakan salah satu materi yang harus
Anda kuasai sebagai guru matematika agar mampu
menerapkan pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan
keduanya dalam konteks geometri, pemecahan masalah geometri dalam
kehidupan sehari-hari.
Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi dasar-dasar
geometri, segi banyak (poligon), kekongruenan dan kesebangunan serta bangun
ruang. dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan,
Struktur
geometri modern menyepakati istilah dalam geometri, yaitu: (1) unsur yang tidak
didefinisikan, (2) unsur yang didefinisikan, (3) aksioma/postulat,dan (4)
teorema/dalil/rumus. Unsur tidak didefinisikan merupakan konsep mudah dipahami
dan sulit dibuatkan definisinya, contoh titik, garis dan bidang. Unsur yang
didefinisikan merupakan konsep pengembangan dari unsur tidak didefinisikan dan
merupakan konsep memiliki batasan, contoh sinar garis, ruas garis,
segitiga. Aksioma/postulat merupakan konsep yang disepakati benar tanpa harus
dibuktikan kebenarannya, contoh postulat garis sejajar. Teorema/dalil/rumus
adalah konsep yang harus dibuktikan kebenarannya melalui serangkaian pembuktian
deduktif, contoh Teorema Pythagoras
Macam-macam segi banyak pada bagian selanjutnya, maka akan dikemukakan terlebih
dahulu tentang sisi dan titik sudut pada segitiga dan segiempat. Sisi merupakan
batas terluar dari sebuah bangun datar atau garis yang membatasi sebuah bangun
datar. Titik sudut dapat diartikan sebagai titik perpotongan antara tiga buah
sisi.
Kekongruenan dan kesebangunan merupakan sebuah konsep geometri yang membahas
tentang bentuk geometri yang sama dan serupa. Dalam kehidupan sehari-hari, kita
dapat menemukan bentuk geometri yang sama dan serupa, misalnya ubin yang
dipasang pada lantai rumah kita biasanya berbentuk sama dan mempunyai ukuran
yang sama. Hal inilah yang nantinya akan disebut dengan kekongruenan.
Bangun
ruang merupakan bentuk geometri berdimensi tiga. Bangun ruang adalah bagian
ruang yang dibatasi oleh himpunan titik-titik yang terdapat pada seluruh
permukaan bangun tersebut. Permukaan yang dimaksud pada definisi tersebut atau
permukaan yang membatasi bangun ruang adalah bidang atau sisi. Perpotongan dari
dua buah sisi adalah rusuk. Perpotongan tiga buah rusuk atau lebih adalah titik
sudut. Bidang atau sisi, rusuk, dan titik sudut merupakan contoh dari
unsur-unsur bangun ruang.
Untuk
lebih memahami materi mengenai konsep dasar geometri. Anda
dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah
disediakan
Pembelajaran 4: Pengukuran
Pengukuran
merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru matematika agar
mampu menerapkan pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan
keduanya dalam konteks materi pengukuran dan pemecahan masalah pengukuran
dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk mencapai
kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi panjang keliling dan luas
bangun datar, luas permukaan dan volume bangun datar, debit, jarak dan waktu
serta kecepatan, dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan
Pengukuran merupakan sebuah proses atau suatu
kegiatan untuk mengidentifikasi besar kecilnya, panjang pendeknya, atau berat
ringannya suatu objek. Pengukuran dalam modul ini meliputi pengukuran panjang,
luas, volume, dan berat (yang akan dibahas secara bertahap). Pengukuran panjang
dapat dilakukan dengan menggunakan satuan tidak baku dan dengan menggunakan
satuan baku.
Pengukuran Luas permukaan bangun ruang adalah
jumlah luas seluruh permukaan (bidang) pembentuk bangun ruang tersebut. Untuk
memudahkan proses mencari rumus luas bangun ruang, maka sebelumnya kita harus
memahami jaring-jaring bangun ruang tersebut. Jaring-jaring merupakan
rangkaian sisi atau bidang dari sebuah bangun ruang. Pada bagian selanjutnya
akan diuraikan luas permukaan dari setiap bangun ruang.
Pengukuran debit, maka akan dimulai terlebih
dahulu mempelajari pengukuran waktu. Satuan baku untuk mengukur waktu adalah
detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, semester, tahun, lustrum, windu,
dasawarsa, dan abad.
Pengukuran waktu, pada bagian ini akan
dipaparkan mengenai waktu berpapasan dan waktu menyusul. Saat dua orang
melakukan sebuah perjalanan dari arah yang berlawanan, dan melalui jarak yang
sama (dengan asumsi kecepatannya adalah konstan), maka di suatu titik tertentu
mereka akan berpapasan. Sama halnya ketika ada dua orang berkendara dengan arah
yang sama dan melalui jalur yang sama, maka orang yang satu akan menyusul orang
yang terlebih dahulu berangkat dengan kecepatan yang berbeda
Untuk lebih memahami materi mengenai konsep
dasar pengukuran, Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik
tautan yang telah disediakan
Pembelajaran 5: Statistika dan Peluang
Statistika dan
peluang merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru
Matematika SD agar mampu menerapkan pengetahuan konseptual dan prosedural
serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi statistika (penyajian data,
ukuran pemusatan data, ukuran penyebaran data, nilai baku, permutasi,
kombinasi, dan peluang) dan dalam pemecahan masalah matematika serta
kehidupan sehari-hari terkait penyajian data, ukuran pemusatan, ukuran
penyebaran, nilai baku, permutasi, kombinasi, dan peluang
Untuk mencapai
kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi statistik, statistika dan
data, penyajian data, distribusi frekuensi, distribusi frekuensi relatif,
ukuran pemusatan data, ukuran penyebaran data, nilai baku, kaidah pencacahan,
peluang, dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan,
tatistik adalah
kesimpulan fakta berbentuk bilangan yang disusun dalam bentuk daftar atau tabel
yang menggambarkan suatu kejadian. Sedangkan statistika merupakan
suatu metode ilmiah yang mempelajari pengumpulan, perhitungan, penggambaran dan
penganalisisan data, serta penarikan kesimpulan berdasarkan penganalisisan yang
dilakukan, berdasarkan data statistik dapat menyajikan data, menentukan
distribusi frekuensi dan distribusi frekuensi relatif, ukuran pemusatan data,
ukran penyebaran data, nilai baku dan peluang.
Untuk lebih memahami
materi mengenai kosep dasar peluang dan statistika,, Anda dapat membaca
materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan
Pembelajaran 6: Kapita Selekta Matematika
Kapita selekta
matematika merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru
Matematika agar mampu menerapkan pengetahuan konseptual dan prosedural serta
keterkaitan keduanya dalam konteks materi logika, pola barisan, deret bilangan,
persamaan dan pertidaksamaan linear, persamaan kuadrat dan grafik fungsi
kuadrat dan trigonometri.
Untuk mencapai
kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi logika matematika; pola,
barisan dan deret bilangan; persamaan linier, pertidaksamaan linier dan grafik
fungsi linier persamaan kuadrat, pertidaksamaan kuadrat dan grafik fungsi
kuadrat dan trigonometri dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan
Pernyataan adalah kalimat
matematika tertutup yang memiliki nilai kebenaran “benar” atau “salah”, tetapi
tidak kedua-duanya pada saat yang bersamaan.
Operasi uner yaitu operasi negasi atau ingkaran, dimana nilai kebenaran negasi
sebuah pernyataannya kebalikan dari nilai kebenaran yang dimiliki oleh
pernyataan semula.
Operasi biner adalah operasi yang berkenaan dengan dua unsur, yaitu meliputi
operasi konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi.
Tautologi adalah penyataan yang semua nilai kebenarannya benar tanpa memandang
nilai kebenaran komponen-komponen pembentuknya.
Kontradiksi adalah penyataan yang semua nilai kebenarannya salah tanpa
memandang nilai kebenaran komponen-komponen pembentuknya
Untuk menarik kesimpulan
berdasarkan pernyataan-pernyataan yang bersifat umum diperlukan suatu penalaran
deduktif. Sedangkan penalaran induktif diperlukan ketika sesorang akan
menarik kesimpulan yang bersifat umum melalui pernyataan yang bersifat
khusus. Penalaran induktif meliputi pola, dugaan dan pembentukan generalisasi
Untuk lebih memahami
materi - materi tersebut, Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan
mengklik tautan yang telah disediakan
Refleksi Pembelajaran
Post a Comment
Post a Comment