ADSENSE

Modul Belajar Mandiri ASN PPPK Bidang Studi PGSD IPA

Post a Comment

Modul belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada jenjang PGSD.

Komponen-komponen di dalam modul belajar mandiri ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah memahami materi esensial terkait Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya, Gaya dan Energi, Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan, Bumi dan Alam Semesta,sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Modul Belajar Mandiri ASN PPPK Bidang Studi PGSD IPA

Pembelajaran 1: Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya

Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) agar mampu Menguasai metode ilmiah, langkah-langkah metode ilmiah dan aplikasinya dalam pembelajaran di SD dan Menguasai   materi   dan   perubahannya,   serta   aplikasinya dalam pembelajaran di SD

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi Metode Ilmiah, Tahap-Tahap Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya dan Metode Ilmiah, Tahap-Tahap Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya, dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan

Secara konseptual metode ilmiah adalah metode sains yang menggunakan langkah-langkah ilmiah dan rasional untuk mengungkapkan suatu permasalahan yang muncul dalam pemikiran kita pada kegiatan pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari- hari.

Materi adalah sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang; dan massa sebagai ukuran kuantitas materi. Ada pun dalam mekanika, massa adalah ukuran ketahanan materi terhadap suatu gaya, yang ditandai dengan perubahan kecepatannya, sebagaimana dirumuskan oleh Newton: F = m a.

Link Materi Pembelajaran 1

Pembelajaran 2: Gaya dan Energi

Gaya dan Energi merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru Ilmu Pengetahuan Alam agar mampu Menguasai gaya dan aplikasinya dalam pembelajaran di SD dan Menguasai energi dan perubahannya dan aplikasinya dalam pembelajaran di SD, Menguasai konsep pesawat sederhana dan aplikasinya dalam pembelajaran di SD

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi Gaya dan Energi dan Hukum Newton, Energi, Bentuk Energi dan Perubahannya, Energi dan Usaha, Pesawat Sederhana, dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan

Secara konseptual gaya adalah suatu kekuatan tarikan atau dorongan yang dapat mengakibatkan perubahan kecepatan, bentuk dan arah benda. Gaya juga dapat diartikan sebagai suatu tarikan atau dorongan yang dikerahkan sebuah benda terhadap benda lain. Kekuatan gaya berupa tarikan dan dorongan maksudnya adalah: (1) Tarikan mempunyai arah yang mendekati orang atau hewan atau benda yang menariknya ; (2) Dorongan mempunyai arah yang menjauhi orang atau hewan atau benda yang mendorongnya.

Energi adalah kemampuan melakukan usaha. Usaha yang dimaksud dalam definisi ini adalah adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan perubahan.Misalnya, perubahan posisi (gerak), perubahan bentuk, perubahan wujud, perubahan struktur kimia, atau perubahan volume. Dalam berbagai perubahan tersebut energi pun turut mengalami perubahan bentuk tetapi tidak hilang atau berkurang. Hal ini dikenal dengan hukum kekekalan energi: di alam ini tidak ada makhluk yang dapat menciptakan dan memusnahkan energi.

Untuk lebih memahami materi mengenai Gaya dan Energi, Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan.

 Link Materi Pembelajaran 2

Pembelajaran 3: Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru Ilmu Pengetahuan Alam agar mampu Menguasai sistem organ pernapasan, mekanisma proses pernapasan pada manusia dan aplikasinya dalam pembelajaran di SD dan Menguasai sistem organ pencernaan dan mekanisma proses pencernaan manusia serta aplikasinya dalam pembelajaran di SD,  Menguasai sistem organ jantung, peradaran darah dan mekanisma proses kerja jantung serta aplikasinya dalam pembelajaran di SD.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi Organ Pernapasan, Mekanisma Proses Peredaran Darah, Sel darah merah (eritosit), Sel darah putih (leukosit), Keping darah (trombosit), Peredaran Darah Manusia, dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan,

Untuk memahami kajian sistem pernapasan sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu organ-organ yang terlibat dalam proses pernapasan. Organ pernapasan manusia terdiri dari hidung dan rongga hidung, tenggorokan (faring), batang tenggorokan (laring) trachea, bronchus, bronchiolus, alveolus paru-paru.

Sistem organ pencernaan pada manusia berfungsi menguraikan makanan secara mekanik dan secara kimiawi menjadi moleku1- molekul yang kecil sehingga dapat diserap oleh usus, dan diedarkan oleh sistem peredaran darah ke seluruh jaringan tubuh. Sari makanan berfungsi sebagai sumber energi untuk kegiatan metabolisme, untuk pertumbuhan sel-sel, dan untuk membangun serta mengganti sel-sel yang rusak.

Sistem kardiovaskular terdiri dari jantung (kardio) dan pembuluh darah (vaskular). Sistem kardiovaskular bertanggung jawab dalam memompa dan mengedarkan darah ke seluruh tubuh (sirkulasi darah). Darah sendiri merupakan sarana transportasi bagi oksigen, karbon dioksida, nutrisi, hormon, serta berbagai zat lainnya, dari dan ke seluruh tubuh.

Untuk lebih memahami materi mengenai Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan, Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan

 Link Materi Pembelajaran 3 

Pembelajaran 4: Bumi dan Alam Semesta

Bumi berasal dari suatu gumpalan kabut raksasa yang meledak dahsyat, kemudian membentuk galaksi dan nebula. Setelah itu, nebula membeku membentuk galaksi Bima Sakti, lalu sistem tata surya. Bumi terbentuk dari bagian kecil ringan yang terlempar ke luar saat gumpalan kabut raksasa meledak yang mendingin dan memadat sehingga terbentuklah bumi. Tiga tahap proses pembentukan bumi, yaitu mulai dari awal bumi terbentuk, diferensiasi sampai bumi mulai terbagi ke dalam beberapa zona atau lapisan, yaitu inti dalam, inti luar, mantel dalam, mantel luar, dan kerak bumi.

Tata surya (Solar System) terdiri dari matahari, planet, serta benda- benda langit lainnya seperti satelit, komet, meteor, dan asteroid. Tata surya dipercaya terbentuk sejak 4.600 juta tahun yang lalu. Ada dua paham yang berhubungan dengan tata surya, yaitu paham geosentris dan paham heliosentris.

Planet berasal dari bahasa Yunani Asteres Planetai yang berarti bintang pengelana. Hal ini disebabkan karena planet dari waktu ke waktu selalu berkelana (berpindah-pindah) dari rasi bintang satu ke rasi bintang lainnya. Menurut terminologi astronomi, planet merupakan benda langit dengan ukuran relatif besar yang mengelilingi matahari. Planet tidak dikategorikan sebagai bintang karena tidak bercahaya. Sampai saat ini telah dikenal sembilan planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto

ecara konseptual Bumi berasal dari suatu gumpalan kabut raksasa yang meledak dahsyat, kemudian membentuk galaksi dan nebula. Setelah itu, nebula membeku membentuk galaksi Bima Sakti, lalu sistem tata surya. Bumi terbentuk dari bagian kecil ringan yang terlempar ke luar saat gumpalan kabut raksasa meledak yang mendingin dan memadat sehingga terbentuklah bumi

Tata surya (Solar System) terdiri dari matahari, planet, serta benda- benda langit lainnya seperti satelit, komet, meteor, dan asteroid. Tata surya dipercaya terbentuk sejak 4.600 juta tahun yang lalu. Ada dua paham yang berhubungan dengan tata surya, yaitu paham geosentris dan paham heliosentris

Planet berasal dari bahasa Yunani Asteres Planetai yang berarti bintang pengelana. Hal ini disebabkan karena planet dari waktu ke waktu selalu berkelana (berpindah-pindah) dari rasi bintang satu ke rasi bintang lainnya. Menurut terminologi astronomi, planet merupakan benda langit dengan ukuran relatif besar yang mengelilingi matahari.

Untuk lebih memahami materi mengenai Gaya dan Energi, Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan

 Link Materi Pembelajaran 4

Refleksi Pembelajaran


Related Posts

Post a Comment

mgid